hikmah, itshare

Maksimalkan Fungsi HP-mu

Saat ini beberapa kawan kita telah dibekali orangtuanya membawa handphone (HP). Selain fungsi utamanya agar komunikasi dengan orangtua tetap terjaga, ternyata HP juga dapat membantu meringankan tugas dan aktivitas kita sehari-hari. Sayangnya tidak semua kita mengetahui fungsi atau fitur HP yang meringankan tersebut. Yuk kita bedah satu persatu. Oh ya, beberapa fitur belum tentu ada di setiap merk HP.

Pengingat (Alarm)

Fungsinya seperti alarm jam beker yang ada di kamar kita. Misalkan kita ingin sholat Subuh tepat waktu, maka alarm kita set jam 4 pagi dan aktif setiap hari. Pengingat juga dapat kita set untuk sekali saja (tidak setiap hari), misal mengingatkan kita untuk mengembalikan buku perpustakaan.

Tugas (Task)

Tugas atau task berfungsi mencatat tugas-tugas yang harus kita kerjakan. Misal, tugas mengerjakan PR. Setelah tugas kita masukkan, maka akan diberi status awal Not Done (belum dilakukan). Pada saat menambahkan tugas biasanya dilanjutkan mengaktifkan fungsi pengingat (alarm). Jadi ketika sampai waktu tertentu kita belum menyelesaikan tugas maka alarm akan berbunyi. Ketika tugas telah kita selesaikan, kita dapat mengubah status tugas menjadi Done (sudah dilakukan).

Catatan (Notes)

Kalau yang ini persis seperti sebuah buku catatan mini. Biasanya untuk catatan ringan atau pendek saja. Misal mencatat judul dan pengarang buku pelajaran yang harus kita beli. Maka ketika kita sudah sampai toko buku, cukup kita buka saja catatan (notes) ini. Sahabat kita Abdurahman Faiz yang terkenal dengan puisi-puisi hebatnya biasa langsung menuliskan puisi di handphonenya🙂.

Kalender (Calendar)

Sama seperti kalender yang tergantung di ruang kelas atau rumah kita, namun kalender di HP juga dapat menjadi pengingat kegiatan kita. Di halaman kalender kita dapat memilih salah satu tanggal dan mengeset tugas, agenda kegiatan atau tanggal penting. Misal, kita tak ingin lupa hari ulang tahun bapak/ibu guru atau ayah dan ibu kita. Maka kita arahkan tanggal ulang tahunnya, dan tambahkan catatan pengingat pada hari dan jam tersebut.

Kalkulator (Calculator)

Ini juga sama seperti kalkulator yang kita lihat sehari-hari. Berguna ketika kita tak membawa kalkulator atau alat tulis. Misal untuk mengetahui total uang yang harus kita bayar saat belanja beberapa barang di warung dekat rumah.

Stopwatch

Fungsinya untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan sebuah kegiatan. Misal, kita ingin tahu waktu yang dibutuhkan kawan kita lari 3 kali keliling lapangan, atau berapa waktu yang dibutuhkan sebuah balok es batu berubah wujud dari padat hingga habis mencair.

Foto (Photo)

Fasilitas foto di HP membuat kita mudah mengabadikan sebuah peristiwa atau objek foto. Misal yang telah dilakukan kawan-kawan kita yang mengikuti pelatihan jurnalistik minggu lalu. Atau memfoto kejadian menarik selama perjalanan berangkat ke sekolah, atau ketika kita tak sempat mencatat tulisan panjang di koran atau majalah; cukup kita foto layaknya detektif yang sedang beraksi🙂 Hasilnya kita pindahkan ke komputer dan ditulis ulang.

Itulah beberapa fasilitas atau fitur handphone yang dapat kamu manfaatkan untuk meringankan tugas dan aktivitasmu sehari-hari. Handphone menjadi tak sekedar untuk menelpon dan berkirim SMS saja. Tapi ingat, gunakan handphone untuk hal-hal yang bermanfaat, positif dan tak membuat boros pulsa atau tagihan telpon. Insya Allah ayah dan ibumu akan senang dan tak kuatir denganmu🙂.

Tips Untuk Orangtua

Memberikan handphone kepada anak tentu dapat berdampak baik ataupun buruk. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

  1. Pahami teknologi dengan bijak. Wajib orangtua pahami bahwa handphone adalah hanya sebuah alat teknologi era modern seperti layaknya sebuah pisau. Dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan nilai-nilai positif, atau malah hal negatif yang merusak kepribadian anak.
  2. Basic Telephony handphone. Sesuai dengan fungsi utamanya sebagai alat komunikasi anak dan orang tua, cukup belikan handphone yang memiliki fungsi dasar tanpa fitur-fitur tambahan yang tak perlu, misalnya: fasilitas koneksi GPRS (Internet), MMS, Bluetooth, WiFi, Infrared, foto, mendukung aplikasi atau games Java, hingga layar HP yang mendukung puluhan atau ratusan ribu warna. Membelikan atau tidak membelikan handphone anak adalah pilihan, tak ada yang benar atau salah mutlak. Setiap pilihan harus dipikirkan dengan matang dan pahami resikonya.
  3. Pulsa secukupnya. Berikan jatah pulsa secukupnya agar anak dapat menggunakan handphone  bertanggung jawab dan berhemat. Gunakan layanan nilai tambah (VAS) operator jika menawarkan paket keluarga (family) yang biasanya memiliki tarif lebih rendah dari tarif normal.
  4. Bicara dan pesan yang singkat. Ajarkan anak untuk berbicara dan mengirim pesan (SMS) dengan singkat dan jelas. Agar menghindari anak berbicara panjang lebar yang tak jelas, atau menelpon dan mengirim SMS yang tak berguna (mubazir). Misal: membeli konten games atau berlangganan layanan SMS dewasa. Untuk pesan atau berita yang penting ajarkan untuk langsung menelpon, bukan mengirim SMS.
  5. Tidak mencolok dan aman. Biasakan menyimpan HP di tempat yang aman (di kotak/sarung handphone dan dimasukkan ke dalam tas) dan tak melakukan panggilan atau mengeluarkan HP di tempat-tempat yang rawan.
  6. Panduan singkat dan jelas cara menggunakan handphone. Membuat anak dapat memahami fungsi dasar handphone. Misal orangtua dapat membantu membuat nomor panggil cepat (speed dial) untuk nomor telpon ayah, ibu, rumah, sekolah atau polisi.
  7. Awasi handphone anak. Dapat dilakukan rutin atau acak untuk melihat isi handphone anak. Baik mengecek fungsi-fungsi yang telah kita buat, misal speed dial, atau konten terlarang seperti pornografi.
  8. Ketergantungan dan sosial. Hindari anak dari ketergantungan dan ketagihan terhadap handphone. Ajak anak untuk mengenal dunia dengan panca indranya langsung. Berbicara berhadapan (face-to-face) atau di depan umum, bersilaturahim dan berinteraksi, dan bergerak!
  9. Berdoa. Setelah berusaha tentu tak lupa kita berdoa kepada Allah SWT memohon perlindungan agar anak sebagai amanah dapat kita jaga dengan baik dan benar.

*Materi untuk kolom IPTEK edisi perdana Koran Sekolah GESIT (Gema Sekolah Islam Terpadu) – SDIT Al Muhajirin, Depok — 20 Juni 2009.

Standard

2 thoughts on “Maksimalkan Fungsi HP-mu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s