itshare

Hisab dan Rukyat: Ramadhan – Syawal

 

Inilah topik yang lumayan hot dibahas di akhir Ramadhan setiap tahunnya di Indonesia -)

Sebelum lebih jauh, berikut saya copy-paste saja apa itu hisab dan rukyat:

Hisab adalah metode penentuan awal atau akhir bulan berdasarkan perhitungan astronomi atau ilmu falak. Rukyat adalah metode penentuan awal atau akhir bulan berdasarkan pandangan mata secara langsung.

Alhamdulillah pemerintahpun terus membaik menyikapi hal ini. Pertandingan sepakbola di penghujung Sya’ban 1428 H antara 2 ormas Islam terbesar di Indonesia, dan pemanfaatan teknologi informasi oleh Menkominfo, Insya Allah menandakan perubahan yang positif. Amiin. Harian umum Republika menuliskannya disini.

Akhir minggu ini, saya tertarik untuk mendalami masalah hisab & rukyat. Semoga akan lebih memahami apa yang sebenarnya menjadi permasalahan. Bukan sekedar perbedaan hisab dan rukyat, namun hal2 lain yang membuat penentuan akhir/awal bulan Hijriah menjadi ramai di negara yang memiliki panjang 5.150km dan lebar 1700km, sama dengan jarak antara Dublin ke Moscow atau jarak pantai timur dan barat Amerika Serikat (tanpa Alaska dan Hawaii)…!!. Mungkin, pastinya, tak akan semudah Singapore menentukan 1 Syawal🙂. Alhamdulillah beberapa referensi dan links menarik saya dapatkan:

  1. Hisab dan Rukyat“, di kompas online – 12 Sept 2007. Oleh Ichwan (Pemerhati Astronomi). Menceritakan dasar2 hilal, dan penentuan awal dan akhir bulan hijriah.
  2. Kontroversi Hilal Ramadhan, juga di kompas – 13 Okt 2004.
  3. Website LSM Rukyatul Hilal Indonesia (RHI)www.rukyatulhilal.org. LSM yang bercita-cita mulia melahirkan “Sistem Tunggal Penanggalan Islam di Indonesia”. Senang sekali ternyata ada LSM seperti ini, saya doakan semoga para mujahid di RHI selalu istiqomah dan memberi manfaat sebesar-besarnya bagi ummat Islam di Indonesia.
  4. Maklumat Muhammadiyah, menetapkan 1 Syawal 1428 H jatuh pada 12 Oktober 2007. Saya belum bisa komentar, hanya membaca saja, karena toh sekarang masih dalam “masa pendidikan”🙂. Dari maklumat yang saya unduh (file PDF), dasar perhitungan dan hadits berikut penjelasan sangat menarik sekali.

Keempat link di atas Insya Allah dapat menjadi modal awal saya dapat lebih memahami masalah hisab dan rukyat. Wabil khusus adalah ilmu hisab (perhitungan) dengan menggunakan bantuan software.

Jika telah melewati “mata kuliah dasar umum” di atas, langkah selanjutnya adalah mulai bereksplorasi dan mensimulasikan dengan software planetarium yang biasa saya mainkan di Linux. Ya! apalagi kalau bukan KStars dan Stellarium -) Tanggal berapa sebenarnya 1 Syawal 1428 H versi software tersebut?

Standard

7 thoughts on “Hisab dan Rukyat: Ramadhan – Syawal

  1. Asyiiiik berbeda… dengan berbeda penetapan maka persatuan bisa dibeda-bedakan lagi… seperti yang sudah-sudah, satu dusun, satu tetangga, bahkan suami isteri, anak dan menantu bisa merayakan berbeda-beda.

    Selamat deh… selamat membuat perbedaan…. Inilah yang dicita-citakan… teruslah membuat semangat perbedaan tak habis-habisnya.

  2. @ mas Agor, tulisan ini hanya rasa keingintahuan pribadi saya saja yang sangat fakir dng masalah hisab/rukyat ini. bukan keinginan dan semangat untuk membuat perbedaan. saya hanya memiliki tool (bantuan komputer) yang coba disimulasikan dengan arti hisab menentukan awal bulan (tahun Qomariyah). semoga mahfum🙂

  3. IPBS says:

    Yang dicoba seh gnome-planner dan openproj. Planner ringan dan untuk sekedar gantt chart dan resource planner sederhana sudah oke. Openproj (projity) lebih lengkap namun karena berbasiskan java jadi agak berat. BTW ada masalah di openproj, yaitu hang waktu membuka file dari planner.

  4. Akhmad says:

    Hi.. Salam kenal
    Punya info software Hilal for Windows ga? Aku liat e-life syle metrotv tgl 28 sep 08 jam 9am, tp blm tau nama and platform yg dgunakan
    Sepertinya aku tertarik mo unduh. Got the info guys?

  5. pengamatan hilal itu khusus untuk puasa ramadan, untuk bulan yang lainnya dalam kalender hijriah cukup dilakukan hisab saja. tetapi titik nol perjalanan bulan mengelilingi bumi menurut ilmu agama bukan pada cunjungsi.demi jelasnya baca rotasi bulan.blogspot.com.bakrisyam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: