itshare, Manajemen ZIS

Apa itu ZISAM?

Disini, akan diupdate segala perkembangan aplikasi manajemen pengelolan Zakat, Infaq dan Shadaqah yang pernah saya buat. Aplikasi berbasis Windows (non-web) yang diimplementasikan di Masjid Raya Al Mustaqiem, Sumur Batu, Kemayoran – Jakarta Pusat sejak tahun 2001 M (1422 H). Diberi nama: ZISAM (ZIS Al Mustaqiem).

Alhamdulillah, walau baru modul penerimaan dan pelaporan sederhana, aplikasi ini telah banyak membantu kinerja panitia ZIS (hampir 99% panitia adalah remaja masjid IRMMA – Ikatan Remaja Masjid Raya Al Mustaqiem). Human error dapat dikurangi hingga nol dibandingkan pencatatan manual, penghitungan zakat ‘per amplop’ dapat cepat ditentukan, hingga laporan yang presisi antara jumlah penerimaan di system dengan fisik yang diterima. Transaksi total uang (Rupiah) tercatat di awal mulai dari belasan juta, hingga Ramadhan 1427 lalu (2006 M) tercatat sekitar 55-60 juta rupiah.

Modul yang belum selesai dibuat adalah penyempurnaan backend aplikasi, modul pencatatan pengeluaran dan penyempurnaan modul laporan (report).

Alhamdulillah akh Issotiyo (IPBS) telah berkenan untuk memporting aplikasi ini ke web-based dengan Java-nya๐Ÿ™‚ Namun, terus terang saya masih berharap agar ada sahabat yang dapat memporting ke web-based non-Java. Mengapa? Inginnya agar aplikasi ini tetap dapat dijalankan di mesin yang ber-spek rendah (low CPU, low memory, etc.). Ini baru perkiraan awal… Mimpinya, aplikasi ini mudah dan cepat diinstall di atas segala platform Linux/UNIX based, PLUS “Windows versi Halal” (non-bajakan).

Ada keinginan utk upload ke sourceforge.net, namun belum sempat juga. Impiannya, seluruh masjid/mushola hingga yayasan yang melaksanakan pengelolaan (penerimaan dan penyaluran) ZIS di bulan Ramadhan dapat menggunakan aplikasi ini. GRATIS!

Nama Aplikasi? rasanya perlu dipikirkan untuk ganti nama mungkin yah?๐Ÿ™‚
Kalau ada ide? monggo dishare disini.

Fitur, screenshot, tim pengembang, dan lain-lain, akan diposting di halaman terpisah.

[bayu]

Standard

21 thoughts on “Apa itu ZISAM?

  1. Issotyo says:

    Mas, namanya biar saja seperti itu ZISAM. Tapi singkatannya berbeda:

    ZISAM = Zakat Infaq Shodaqoh Account Management

    Gimana?

    [^_^]
    IPBS

  2. OK, alhamdulillah… ana sdh dapat 2 PHPers๐Ÿ™‚
    Akan ana lengkapi dulu screenshot di halaman terpisah, sambil nunggu bbrp dokumentasi awal urk requirements-nya.

  3. Ahsya says:

    Bagaimana kalau “A” nya = Administration? Hehe..

    Ikutan donk porting ke PHP nya… gmn kabarnya, apa sudah dibuat tim? Bagi2 tugas, gitu..

    Saya lebih banyak ke niat belajar sebenarnya, karena skill PHP saya belum apa-apa๐Ÿ™‚ Saya ada sedikit berkah skill disain, mungkin juga bisa bantu-bantu di situ yak, Insya Allah..

  4. Pingback: ZISAM v1.0 Screenshot « berbagi dan bermanfaat

  5. Assalamu’alaikum mas Bayu,… kalo boleh saya ingin memanfaatkan aplikasi zisam di masjid saya. Kebetulan saya salah seorang yang mengelola zis di Masjid Al Irsyad Karanganyar Yogyakarta. Harapannya di Ramadhan 1429 H th ini kita dapat mengelola zis dengan lebih tertib. Bisa kirim ke email saya? muhiset@gmail.com atau miws@plasa.com. Trimakasih
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

  6. billydekid says:

    @Iwan: Untuk versi baru saya masih berjuang keras pak๐Ÿ™‚ — Jika sudah bisa dirilis dengan fungsi2 dasarnya, akan saya kabarkan Bapak.

  7. Urun rembuk mas baru hadir, kalo boleh saran
    ZISAM = Zakat Infaq Shodaqoh Aplication Management
    Sekalian saya juga pengin mencoba untuk diterapkan ditempat saya mas, jika berkenan dimana bisa mendapatkan aplikasi ZISAM, sangat berterima kasih jika saya bisa meggunakan di tempat saya. Terima kasih
    Bisa dikrim ke ardidw@gmail.com

  8. Dwi Mariyono says:

    alhamdulillah, monggo mas kita kerja bareng untuk kemaslahatan ummat, saya siap membantu untuk ke PHP, dikit dikit gue kebeteluan punya pengetahuan kearah sana

  9. Dwi Mariyono says:

    dimana softwarenya monggo kita share bersama, dan dimana dapat mendapatkanyya ya kebetulan saya di Sekretaris dan Bendahara LAGZISMU Malang,

Leave a Reply

